Ketika Ralf Rangnick berpisah dengan Manchester United sedikit lebih dari dua tahun lalu, sahamnya hampir tidak mungkin lebih rendah.

Pria berusia 65 tahun, yang dipasang sebagai manajer sementara, tidak dapat membawa hasil dan penampilan yang diperlukan di Old Trafford, sementara ia juga tampaknya kurang menghormati beberapa pemainnya – dengan Cristiano Ronaldo mengatakan ia tidak pernah melihatnya sebagai bos.

Namun di Berlin pada hari Selasa, tim Austria-nya menghasilkan kinerja dan hasil melawan Belanda yang tidak hanya menunjukkan mengapa Rangnick mendapatkan gelar ‘Godfather of the Gegenpress’, tetapi juga membuktikan kelompok pemainnya saat ini tepat di belakangnya.

“Ketika kami menguasai bola, kami memiliki seseorang di bangku cadangan yang memiliki masukan yang sangat bagus,” kata kapten Marcel Sabitzer, yang mencetak gol untuk mengamankan kemenangan 3-2 melawan Belanda yang memastikan Austria finis di puncak grup yang juga berisi Prancis.

Gelandang itu menambahkan: “Rasanya sangat menyenangkan bermain di tim ini dan saya sangat menikmati setiap hari dengan tim ini dan staf. Saya ingin tinggal di sini sedikit lebih lama.”

Dari pemburu pasif dan berhati-hati hingga pemburu tanpa henti

Hasil melawan Belanda bisa dibilang hadiah bagi Rangnick yang diberikan waktu untuk membentuk tim Austria ini dalam visinya.

Hasilnya beragam setelah ia ditunjuk sebagai manajer tim nasional pada April 2022, tetapi seiring waktu mereka telah menghasilkan beberapa penampilan yang mengesankan, terutama mengalahkan Italia dan mengamankan hasil imbang dengan Belgia dan Prancis sebelum turnamen ini.

Austria memenangkan tiga dari empat pertandingan mereka sebelum menuju ke Jerman dan, setelah gol bunuh diri mengutuk mereka untuk kalah dari Prancis di pembuka Grup D mereka, mereka merespons dengan kemenangan melawan Polandia dan sekarang Belanda – salah satu favorit pra-turnamen.

Pada hari Selasa, tim Rangnick bermain dengan energi tanpa henti dan rasa lapar untuk memenangkan kembali bola dengan cepat setelah kehilangannya. Kadang-kadang, para pemain Belanda tampak kelelahan dalam menghadapi keinginan lawan mereka.

“Anda dapat melihat perkembangan yang jelas sejak pelatih bergabung dengan tim,” tambah Sabitzer.

“Sebelumnya kami sedikit pasif melawan bola dan kami pasti telah mengubahnya.

“Kami sekarang sangat kuat melawan bola, jadi semua orang tahu ketika kami kehilangan bola, kami harus beralih dan memburu bola. Itulah perbedaan terbesar.”

Tom Middler, pembawa acara podcast sepak bola Austria “The Other Bundesliga”, mengatakan tim Austria ini sangat berlawanan dengan yang ada di bawah pendahulu Rangnick, Franco Foda.

“Pada beberapa kesempatan yang tak terlupakan, Franco Foda memberi para pemainnya telinga ketika mereka secara naluriah mencoba untuk bergerak maju dan menekan, sehingga gaya saat ini tidak bisa jauh lebih kontras dengan Austria yang defensif dan berhati-hati sebelumnya,” katanya kepada BBC Sport.

“Para pemain tentu saja tampaknya menghormati [Rangnick] dan mereka tampaknya sangat senang dengan dia yang bertanggung jawab karena sepak bolanya jauh lebih dekat dengan apa yang diketahui sebagian besar pemain dari klub mereka.”

Statistik juga menunjukkan bahwa Austria telah menjadi salah satu tim dengan tekanan paling efektif di Euro 2024.

Data Opta tentang ‘PPDA’, yang merupakan singkatan dari ‘operan oposisi diizinkan per tindakan defensif’, menunjukkan bahwa hanya Jerman yang mengizinkan lawan mereka melewati lebih sedikit sebelum menutupnya.

Tetapi Austria juga melakukan pelanggaran terbanyak di Euro 2024, dengan 49 dalam tiga pertandingan mereka sejauh ini – menyoroti agresi yang mereka gunakan untuk memburu lawan mereka.

“Saya hanya melihat Austria dan cara mereka diatur masuk dan keluar dari kepemilikan,” kata mantan bek Liverpool Stephen Warnock di BBC Radio 5 live.

“Ini sangat teratur, setiap pemain telah pergi ke lapangan itu dan tahu apa yang diharapkan dari mereka. Ini adalah kolektif tim dan itu luar biasa.”

Seorang manajer yang lebih cocok untuk sepak bola internasional?

Rangnick memiliki karir yang panjang dan beragam sebagai manajer klub, dengan Manchester United tim ke-13 yang pernah ia latih, tetapi jarang memiliki umur panjang.

Namun, ia tampaknya telah menemukan kecocokan yang tepat dengan Austria.

Dia menolak kesempatan untuk kembali ke klub sepak bola sebelum Euro musim panas ini setelah didekati oleh Bayern Munich.

“Ralf Rangnick hampir menjadi bahan tertawaan pada saat dia meninggalkan Manchester United,” kata kepala reporter berita sepak bola BBC Sport Simon Stone.

“Tapi sejarah lebih ramah kepada Jerman dalam hal sejarah Old Trafford-nya.

“‘Operasi jantung terbuka’ yang terkenal dia bicarakan, menyampaikan di depan umum penilaian keras terhadap keadaan United yang telah dia bicarakan secara internal, telah terbukti hampir 100% akurat.

“Seharusnya tidak mengherankan bahwa dia unggul sebagai manajer internasional.

“Program internasional yang jarang sesuai dengan cara analitisnya dalam memandang permainan dan memberinya waktu untuk mengotak-atik ide dan ruangnya untuk merumuskan rencananya.”

Bisakah Austria pergi jauh-jauh?

Setelah memuncaki grup yang berisi favorit pra-turnamen Prancis dan Belanda, Austria bisa dibilang perlu dianggap serius sebagai pesaing Euro 2024 sejati.

Rangnick, bagaimanapun, mengecilkan peluang timnya.

“Saya sudah mengatakan beberapa bulan yang lalu saya tidak berpikir sangat mungkin untuk memenangkan Euro,” katanya.

“Jika seseorang bertanya kepada saya apakah saya akan benar-benar mengesampingkannya, saya akan mengatakan itu masih sangat tidak mungkin, tetapi para pemain ingin melangkah sejauh mungkin dan kami akan mengambilnya selangkah demi selangkah.”

Sabitzer terdengar sedikit lebih optimis tentang peluang turnamen Austria.

“Statistik dan peluang taruhan memiliki bahasa mereka sendiri, tetapi kami telah membuat langkah pertama,” katanya.

“Ini adalah grup yang sangat sulit, tetapi begitu Anda berada dalam sistem gugur, Anda dapat berlari.

“Kami hanya fokus pada pertandingan berikutnya dan kami memiliki kualitas untuk mengalahkan lawan mana pun.”

Semua mata sekarang akan tertuju pada Austria dan seberapa jauh mereka bisa melangkah.

Euro 2024 glory glory man gundogan dortmund indonesia vs vietnam jadwal liga persahabatan jadwal siaran langsung pertandingan sepak bola hari ini jadwal siaran langsung sepak bola di tv hari ini jadwal siaran langsung sepak bola hari ini jadwal siaran langsung sepak bola hari ini di tv indonesia JalaLive ketua fifa ketua fifa sekarang klasemen liga belanda 2024 linimasa bhayangkara fc vs persebaya link streaming bola gratis live bola timnas indonesia hari ini live ind vs yordania live timnas indonesia vs yordania lorient paris saint germain luton town maria dolores dos santos aveiro masonmount min son nonton bola liga inggri nottingham forest vs crystal palace onaldo main bola pemain timnas belanda peringkat persib 2024 persib v persija pertandingan euro 2024 Piala Dunia FIFA 2026 prediksi skor real madrid vs atalanta prediksi skor real madrid vs chelsea pss vs dewa united pss vs persita RCTI russian premier liga score 808 live streaming score live liga inggris UEFA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *